Powered By Blogger

Friday, September 9, 2011

Menulis itu Menarik..!!

Selamat pagi..






Mari kita bersyukur terlebih dahulu karena masih diberikan anugerah oleh Tuhan untuk menikmati pagi hari. Karena menurut gw pagi hari itu selalu memiliki nuansa, suasana dan udara yang begitu indah.Mungkin karena salah satu alasan itulah ALLAH menyuruh kita untuk bangun di pagi hari selain untuk beribadah kepada-Nya tetapi juga untuk menikmati anugerah dari-Nya berupa keajaiban sentuhan alam di pagi hari.. :)

Salah satu contoh anugerah ALLAH di pagi hari (Lokasi : Gn. Gede)
                          
Setelah sekian lama gw ga pernah membuat tulisan pemikiran lagi baik menulis secara digital atau tulisan tangan, dalam bentuk formal ataupun informal.. Maka mulai pagi ini gw bertekad untuk terus mengasah kemampuan menulis lagi. Terakhir gw buat tulisan tuh pada saat Tugas Akhir (ya iyalah Terpaksa.. hehehehee) tapi walaupun hipotesis Tugas Akhir gw kurang begitu bagus tapi dapat juara II penulisan karya Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional loh.. Ga nyangka gw juga, Alhamdulillah.. heheheee..

Ini tulisan pertama  di blog yang baru gw buat ini, tema pertama yang mau gw ambil yaitu mengenai Menulis itu ternyata menarik dan menyenangkan loh.. Orang yang sering menulis kemungkinan besar dia adalah orang yang gemar membaca. Jadi jika mau terinspirasi untuk menulis banyaklah membaca, mau itu baca buku, artikel, blog, thread, dll (asal jangan baca Stensil aja ya.. hehehee)


Pernah gw denger pepatah bahwa buku itu merupakan sumber ilmu, gw sangat setuju dengan pendapat ini. Karena gw merasakan hal yang berbeda ketika banyak membaca buku, hal pertama yang pasti kita dapat adalah pengetahuan  yang baru, bahkan ada beberapa novel yang dapat membawa kita ke dalam suatu dunia tersendiri ketika membacanya. Novel tersebut mempunyai penulis yang  briliant dimana mampu membuat tulisan agar para pembacanya bisa menggambarkan dalam imajinasinya masing-masing atas tulisan yang dibuatnya. Dan gw yakin sebelum menulis, pasti dia sudah banyak membaca buku yang menginspirasinya selain memang orang tersebut mempunyai bakat menulis yang baik. Jadi, intinya menurut gw sebelum membuat tulisan ada baiknya kita membaca terlebih dahulu referensi-referensi mengenai tema yang akan kita tulis, agar hasil tulisan kita dapat lebih detail dan akurat dalam penggambarannya.

 Menulis pada sebuah media adalah kegiatan yang gampang-gampang susah. Banyak faktor yang membuat kita susah untuk membuat suatu tulisan, tapi faktor yang paling sering ditemui adalah Males untuk memulainya. Biasanya mahasiswa yang lagi Tugas akhir nih banyak kena penyakit tipe ini. Karena alesan ga ada data, susah buat bimbingan, waktu yang terbatas, Kram Otak (Emang ada ya..??), dan alesan macem-macem lah. Akhirnya timbul rasa males akut untuk memulai membuat tulisan. Padahal menulis itu ibarat teori Fisika Hukum Gerak Newton, Dimana :
"Setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya"

Kita tidak akan pernah bisa melakukan dan membuat sesuatu apabila tidak ada kemauan atau suatu motivasi diri untuk melakukannya. Jadi faktor dasar seseorang untuk dapat membuat karya tulis adalah adanya kemauan terlebih dahulu untuk mencoba membuatnya, motivasi dan inspirasi seseorang pastinya berbeda satu sama lain karena pribadi dan keadaan seseorang itu berbeda-beda. Intinya kalau mau membuat karya tulis harus paksakan diri untuk memulainya, inspirasi akan mengalir seiring dengan pada saat kita membuatnya.  
Selain itu, menulis juga dapat menggambarkan perasaan dan pengetahuan atas apa yang terdapat di dalam diri sang penulis. 

Setelah beberapa kali gw mencoba membuat karya tulis, ternyata gw bisa mendapatkan kesimpulan bahwa menulis itu ternyata menarik. Kita dapat mencurahkan apa yg ada di dalam pikiran dan hati kita kepada suatu media. Gw sangat berharap bahwa generasi muda Indonesia harus berani mencoba untuk membuat suatu karya tulis, karena seperti yang gw bilang diatas kalo orang membuat karya tulis pasti dia sering membaca. Gw jadi inget kata-kata Tantowi Yahya : "Enggan membaca dekat dengan Kebodohan, dan Kebodohan itu sangat dekat dengan Kemiskinan.."

Saatnya Generasi Muda Indonesia Pintar dimulai dengan Membaca dan Menulis..








                                                 

No comments:

Post a Comment